Rabu, 05 Desember 2012

Nutrisi Tanaman

Seperti kita ketahui tanaman juga memerlukan nutrisi untuk tumbuh, ada 16 elemen zat kimia yang diperlukan oleh tanaman, antara lain:

Hidrogen (H),Oksigen (O),Carbon (C) disebut non-mineral nutrients, Nutrisi ini dapat ditemukan dari air dan udara.

Pada proses Photosintesis, tanaman mendapatkan energi dari matahari dan merubah CO2 atau carbon dioxide (Carbon dan oksigen) dan air (H2O) atau hydrogen dan oksigen menjadi straches (tepung/enzim) dan sugars(glukosa) yang merupakan sumber makanan tanaman.



Mineral Nutrients
Ada 13 unsur nutrisi lain yang didapatkan dari dalam tanah, dengan bantuan air, larut kemudian diserap oleh akar. Unsur-unsur inilah mengapa para petani menggunakan pupuk, karena unsur ini tidak tersedia cukup untuk pertumbuhan tanaman.
Nutrisi mineral ini dibagi menjadi 2 bagian:
Nutrisi Makro
Pokok: Nitrogen(N), Pospor(P) dan Potasium(K) (Unsur ini yang harus ditambahkan melalui pupuk, karena ketersediaannya sangat terbatas dari dalam tanah)
Pendukung: Calcium(Ca), Magnesium(Mg) dan Sulfur(S) (Unsur ini biasanya cukup ketersediaanya dari dalam tanah, karena unsur ini bisa terjadi dari proses dekomposisi unsur organik tanah)

Nutrisi Mikro
Unsur ini merupakan essential untuk pertumbuhan tanaman dan kebutuhannya juga sangat kecil, unsur tersebut adalah:  Boron(B),Cooper(CU), Iron(Fe), Chloride(Cl), manganese(Mn), Molybdenum(Mo) dan Zinc(Zn).

Tidak ada komentar: