Sabtu, 01 Desember 2012

Kandungan Minyak Nilam

Komponen utama minyak nilam (diperoleh dari penyulingan daun nilam) berupa Patchouly Alcohol (30-33%), sebagai penciri utama.

Kandungan minyak nilam diantaranya:

Patchouli Alcohol
Patchouli Camphor
Eugenol
Benzaldehyde
Alfa-pinene
Beta-patcholen
Alfa-guajen
Alfa-patchoulen
Pogostol

Pada dasarnya semua bagian tanaman nilam, sejak dari akar, batang, cabang, dan daun, mengandung minyak atsiri. Tapi umumnya mutu rendemen dari akar dan batang nilam lebih rendah daripada daunnya.

Minyak nilam bisa untuk bahan antiseptik, antijamur, antijerawat, obat eksim dan kulit pecah-pecah, serta ketombe. Juga bisa mengurangi peradangan. Bahkan dapat juga membantu mengurangi kegelisahan dan depresi, atau membantu penderita insomnia (gangguan susah tidur). Makanya minyak ini sering dipakai untuk bahan terapi aroma (aromatherapy). juga bersifat afrodisiak, meningkatkan gairah seksual.

Daun nilam kering juga digunakan sebagai pengharum pakaian dan permandani. Air rebusan atau jus daun nilam kabarnya dapat diminum sebagai obat batuk dan asma. Remasan akarnya untuk obat rematik, dengan cara dioleskan pada bagian yang sakit. Bahkan juga manjur untuk obat bisul dan pening kepala.
Remasan daun nilam dapat juga dioleskan pada bagian yang sakit.

Tidak ada komentar: